Ganjar Pranowo : Tuanku Rakyat, Petugas Partai Hanya Mandat?

Abid, Azizul, Depia, Ellena, Khaedar



Isu Dinamika Ganjar/Puan Di PDIP

Terdapat beberapa isu dinamika Ganjar di internal PDIP salah satunya yaitu terkait Sekelompok kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP yang mulai terang-terangan mendukung Ketua DPR dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk maju sebagai calon presiden atau capres pada 2024. Suara dukungan tersebut bisa terlihat dari pengakuan sejumlah anggota Fraksi PDIP DPR, mereka mengaku membentuk semacam kelompok yang bertugas mempersiapkan karpet merah Puan Maharani menjelang pemilihan presiden. Kelompok itu menamakan diri mereka Dewan Kolonel. Dari kelompok tersebut, Puan Maharani kini bak seorang putri yang memiliki kuda dan prajurit serta jenderal yang menemaninya.

 

Pengungkapan Dewan Kolonel disampaikan langsung oleh para pendiri, salah satunya anggota Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan, seorang anggota Komisi 3 DPR tersebut menyatakan diutus menjadi Koordinator Dewan Kolonel Puan Maharani. Dengan terbentuknya dewan kolonel, Puan Maharani kini memiliki dua tim. Sebelumnya, Puan juga disebut-sebut memiliki tim Advance yang bertugas mempersiapkan safari politiknya ke partai politik. Hal tersebut diungkapkan Ketua DPP pemenang pemilu PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul Bambang Pacul menyatakan, hal tersebut lumrah dan menjadi kebiasaan para petinggi partai sebelum menggelar rapat politik layaknya sebuah organisasi, tentunya dewan kolonel. Sempat pencetus atau pengusul Johan Budi, salah satu anggota Fraksi PDIP DPR terang-terangan mengaku dirinya yang mengusulkan pembentukan dewan kolonel.

 

Namun, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, tetap membantah keberadaan Dewan Kolonel di PDIP sebagai wadah pendukung Puan Maharani untuk maju ke Pemilihan Presiden 2024. Dia menyatakan bahwa tugas utama dari Fraksi PDIP DPR RI adalah memperjuangkan seluruh ideologi dan platform partai melalui fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan.

 

"Jadi tidak ada Dewan Kolonel karena hal tersebut tidak sesuai AD/ART Partai," kata Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu, 21 September 2022.

 

Kemiskinan Jawa Tengah Era Ganjar

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018-2023, Ganjar menargetkan angka kemiskinan di wilayahnya bisa turun ke kisaran 7,48% sampai 6,48% pada 2023. Namun, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sampai Maret 2023 angka kemiskinan di Jawa Tengah belum berhasil tembus ke bawah 10%. Persebaran kabupaten termiskin di Jawa Tengah berdasarkan data BPS tahun 2023 ada di Kebumen, Wonosobo, Brebes, Purbalingga, Banjarnegara, Lumajang, Rembang, Sragen, Banyumas, Klaten dan lainnya.

 

Tetapi angka kemiskinan Jateng berkurang. Pada Maret 2013 Jawa Tengah masih memiliki sekitar 4,73 juta penduduk miskin. Proporsinya mencapai 14,56% dari total penduduk di provinsi tersebut. Kemudian pada Maret 2023 jumlah penduduk miskinnya menjadi sekitar 3,79 juta orang, dengan proporsi 10,77% dari total penduduk. Artinya, dalam satu dekade kepemimpinan Ganjar, jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah sudah berkurang sekitar 941 ribu orang.

 

Bagaimana penurunan angka kemiskinan pasca pandemi? penurunan angka kemiskinan di Jateng pada kuartal 1 2022 mencatat 102,57 ribu orang dientaskan dari zona miskin. Angka ini, menurut data BPS merupakan yang tertinggi, dibanding 25 provinsi yang juga mengalami penurunan kemiskinan. Banyak faktor yang menjadi sebab, satu di antaranya Jawa Tengah dipandang getol menguatkan ekonomi lokal lewat inovasi UMKM. Peneliti Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM Hempri Suyatna mengungkapkan, secara makro sektor perekonomian telah berdenyut kencang, sejak pandemi Covid-19 mulai mereda. Faktor ini menyebabkan, kondisi perekonomian membaik, dan mengangkat derajat kehidupan warga menjauh dari zona kemiskinan. Selain itu, berbagai program pro rakyat di Jateng kata Hempri juga dianggap turut menekan angka kemiskinan di Jateng. "Jawa Tengah pernah mendapat penghargaan dari OJK tentang UMKM. Di Jateng misalnya ada digitalisasi UMKM, UMKM Bangkit, UMKM Go Export, itu menunjang pengembangan UMKM yang berpengaruh terhadap pengentasan kemiskinan," kata Hempri seperti dalam keterangan rilis pada Sabtu (16/7/2022).

 

Petugas Partai dan Kontrak Politik dengan Megawati?

Bacapres PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan civitas Universitas Indonesia (UI) bila terpilih sebagai presiden 2024-2029. Salah satunya saat ia ditanya mau jadi petugas partai atau petugas rakyat, andai terpilih nanti.

 

 

Pertanyaan itu disampaikan oleh mahasiswa Ilmu Politik FISIP UI bernama Naufal saat Kuliah Kebangsaan FISIP UI, dengan tema "Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan" Senin (18/9). Ganjar menjawab dan memberi penjelasan.

 

"Saya kader partai tapi presiden bukan, gubernur bukan. Itulah melayani," kata Ganjar.

 

Di sisi lain, Ganjar terbelenggu oleh adanya sebuah informasi yang mengatakan dukungan PDIP terhadap dirinya harus disertakan adanya perjanjian atau kontrak politik jika Ganjar terpilih sebagai RI 1. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menduga alasan Presiden Joko Widodo atau Jokowi lebih condong menunjukkan dukungannya kepada Prabowo Subianto dibanding Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024, karena adanya kontrak politik antara Gubernur Jawa Tengah itu dengan PDIP. Jokowi menunjukkan dukungan kepada Prabowo terlihat dari seringnya kedua tokoh tersebut bertemu empat mata dalam berbagai kesempatan.

 

Menurut Ujang, secara psikologis Jokowi menginginkan sosok presiden yang bisa loyal kepada dirinya pasca lengser nanti. Namun dengan adanya kontrak politik, nantinya Ganjar bakal patuh kepada PDIP. Selanjutnya politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Ade Armando yang menyatakan hal yang sama yaitu bakal calon presiden Ganjar Pranowo meneken kontrak politik dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal penempatan orang pada posisi-posisi strategis. Jika Ganjar menjadi presiden, Ade menyebut penempatan orang-orang di posisi strategis akan ditentukan Megawati. Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Said Abdullah memastikan tidak ada kontrak politik semacam itu. Menurut dia, pernyataan Ade Armando malah menunjukkan upaya membangun framing untuk mengerdilkan Ganjar Pranowo. Manuver demikian, kata Said, berniat jahat dan merusak citra Ganjar yang seakan-akan jadi boneka.

 

“Mereka yang beropini kursi kabinet akan ditentukan oleh PDI Perjuangan bila Ganjar Pranowo menjadi presiden adalah brutus. Seolah olah memberikan dukungan ke Ganjar Pranowo, tapi terus merusak hubungan Pak Ganjar dengan PDI Perjuangan dengan membangun fitnah,” kata Said.

 

Banjir Rob Semarang, Tambang Wadas, Pabrik Semen Rembang

        A.   Banjir Rob Semarang, Janji Ganjar Pranowo, Dan Peringatan Megawati

Musibah banjir rob di kawasan pantai utara Kota Semarang, Jawa Tengah, yang terjadi sejak Senin (23/5/2022) membuat sejumlah wilayah terendam membuat repot masyarakat setempat. Menurut laporan ada 6 Rukun Warga (RW) terkena banjir rob untuk meminta bantuan. Di antaranya RW 001, 012, 013, 014, 015, dan 016 di Kelurahan Tanjung Mas, tepatnya di Tambak Rejo. Selain itu, Pelabuhan Tanjung Emas juga terendam air laut pasang setinggi 1,5 meter. Rumah dan kendaraan milik penduduk setempat ikut terendam banjir rob. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Semarang mengungkap jika penyebab terjadinya banjir rob akibat fenomena Perigee atau jarak terdekat bumi dengan bulan. Dampak utama akibat terjadinya fenomena Perigee adalah peningkatan air pasang karena adanya gravitasi Bumi.

 

Janji Ganjar

Menurut pemberitaan Kompas.com pada 8 Maret 2018, Ganjar yang saat itu masih berkampanye saat menjadi calon gubernur Jateng menjanjikan penanganan banjir dan rob di Kota Semarang dikerjakan secara tuntas. Program Ganjar saat itu buat mengatasi terjangan banjir rob di pesisir Kota Semarang adalah dengan membuat kolam retensi di Kelurahan Kaligawe dan Kelurahan Banjardowo, serta normalisasi Sungai Kanal Banjir Timur (KBT). "Saya menerima banyak aduan terkait banjir di Kaligawe. Saya sudah ngomong ke Kementerian PUPR direspons dengan mengirim lima pompa," kata Ganjar.

 

Menurut dia, pompa untuk menyedot genangan air yang menggenang wilayah Kecamatan Gayamsari dan Genuk hanya bersifat sementara. Sedangkan untuk proyek jangka panjang, Pemerintah membangun sejumlah proyek-proyek strategis. Salah satunya, pembangunan tanggul laut raksasa di pesisir pantai utara Semarang hingga Demak. Tanggul laut juga bakal difungsikan sebagai jalan tol Semarang-Demak.

 

Peringatan Megawati

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pernah mengingatkan Ganjar soal banjir rob yang kerap terjadi di pesisir utara Jawa Tengah. Hal itu disampaikan Megawati saat memberikan pengarahan dalam acara Pelatihan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami PDI Perjuangan yang ditayangkan akun YouTube PDI Perjuangan, Rabu (4/8/2021). "Tadi sekilas saya lihat ada Pak Ganjar, jadi kalau masih mendengarkan saya, nah ini, itu kan dari awal kamu saya jadikan (gubernur), kamu kan sudah pernah toh saya omongi urusan Pelabuhan Semarang dan lain sebagainya," kata Megawati Megawati memahami bahwa persoalan rob di Semarang bukan menjadi tanggung jawab Ganjar seorang karena kewenangan kepala daerah yang terbatas. "Bagaimana tuh Semarang, karena saya bilang nanti kalau sudah rob nangis melulu, enggak dah, tetapi kan enggak bisa, kalau nanti kewenangan daerah itu hanya sampai di situ, kan berarti koneksitasnya adalah kepada pusat," ujar Megawati. Megawati menyatakan berani menegur langsung Ganjar sebagai kepala daerah karena Ganjar juga berstatus sebagai kader PDI-P.

 

        B.    Tambang Wadas

Kasus Tambang Wadas adalah sebuah konflik antara warga Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah dengan pemerintah terkait rencana penambangan andesit di lahan mereka untuk bahan baku pembangunan Waduk atau Bendungan Bener. Warga menolak rencana penambangan tersebut karena khawatir akan kehilangan sumber penghidupan mereka, terutama sumber mata air bersih yang selama ini menjadi penunjang kehidupan masyarakat di Kecamatan Bener. Warga juga menolak karena tanah yang dimiliki saat ini merupakan warisan leluhur mereka. Meskipun ada penolakan dari warga, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengklaim bahwa pemerintah tidak melanggar hukum dalam pembangunan Bendungan Bener dan penambangan batu andesit di Desa Wadas. Walhi menilai proyek pembangunan bendungan dan penambangan tersebut justru melanggar aturan dan harus dihentikan. Pada Juli 2023, sejumlah warga Wadas datang ke Jakarta untuk menyampaikan protes soal aktivitas penambangan kuari batuan andesit untuk proyek strategis nasional (PSN). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan penjelasan soal kekhawatiran hilangnya mata air jika ada penambangan andesit di Desa Wadas.

 

Tuntutan Warga Wadas kepada Ganjar Pranowo

Warga Wadas menuntut Ganjar Pranowo bertanggung jawab atas proyek tambang batu andesit di daerah mereka. Beberapa tuntutan yang disuarakan oleh warga penolak tambang Wadas kepada Ganjar Pranowo antara lain :

1. Menghentikan penambangan di Desa Wadas.

2. Menanggung dampak lingkungan dari aktivitas penambangan, seperti longsor, banjir lumpur, kebisingan, penurunan kualitas udara, dan penurunan kualitas air.

3. Mematuhi putusan pengadilan yang menyatakan bahwa rekomendasi pertambangan di Desa Wadas tidak memiliki kekuatan hukum mengikat.

4. Menghentikan teror, kriminalisasi, dan ancaman terhadap warga yang menolak proyek tambang. Warga Wadas juga menolak ganti rugi dan menyerahkan tanah mereka untuk proyek tambang andesit, karena mereka menganggap tanah mereka tak bisa digantikan dengan uang.

 

        C.   Pabrik Semen Rembang

Pabrik Semen Rembang adalah sebuah pabrik semen yang terletak di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Pada tahun 2016, terjadi penolakan dari sebagian warga sekitar terhadap pembangunan pabrik semen tersebut. Isu yang menjadi perhatian terkait pabrik semen di Rembang antara lain adalah konflik dengan warga sekitar dan dampak lingkungan. Terdapat penolakan dari sebagian warga terhadap pembangunan pabrik semen karena dianggap dapat mengancam ketahanan pangan dan ketersediaan air yang telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Penolakan ini juga mencakup aksi protes dari warga, seperti mendirikan tenda di area pembangunan pabrik semen sebagai bentuk penolakan. Selain itu, terdapat kritik terhadap penerbitan izin lingkungan pertambangan dan pembangunan pabrik semen oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang dianggap arogan dan menciptakan preseden buruk bagi penegakan hukum di Indonesia. Aktivis lingkungan juga menyayangkan beroperasinya pabrik semen di Rembang, karena hal ini dianggap tidak memperhatikan keberpihakan terhadap kelestarian alam dan keberlangsungan lingkungan. Dampak dari penolakan pendirian pabrik semen di Rembang juga mencakup potensi defisit pasokan semen di Indonesia dan hambatan dalam pembangunan infrastruktur jika pendirian pabrik semen ditolak. Selanjutnya, Ganjar Pranowo pada tahun yang sama yaitu 2017 sempat menerbitkan surat izin bernomor 660.1/4/2017 tentang Penambangan PT Semen Indonesia di Rembang, dimana Ganjar mempersilahkan kepada pegiat lingkungan untuk menggugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara. Ganjar mengatakan, penerbitan izin lingkungan semen di Rembang merupakan tindak lanjut dari rekomendasi Komisi Penilai Amdal (KPA). Komisi ini, menurutnya telah melaksanakan sidang penilaian adendum Amdal semen di Rembang pada 2 Februari 2017.

 

Pembatalan Piala Dunia

FIFA telah menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, tetapi gagal karena adanya suatu hal. Ganjar Pranowo di gadang menjadi salah satu penyebab gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia ini. Dalam salah satu wawancara, Ganjar menolak datangnya Israel ke Indonesia dikarenakan karena komitmen oleh Bung Karno. Ganjar setuju Piala Dunia dilakukan di Indonesia jika FIFA tidak menghadirkan Israel dalam ajang kompetisi tersebut. “Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau,” kata Ganjar. Ganjar juga menyayangkan dan kecewa karena anak muda Indonesia tidak bisa bermain di Piala Dunia U-20, karena bisa dibilang Indonesia sudah menyiapkan semuanya dan tinggal sedikit finishing untuk ikut Piala Dunia ini. Ada alasan lain mengapa Ganjar tidak setuju dengan pelaksanaan Piala Dunia U-20 ini. Ganjar menjelaskan, sebelum menyatakan menolak kehadiran Israel, sudah ada komunikasi dengan pihak terkait dan disebutnya ada peluang digelarnya Piala Dunia U-20 secara co-host atau tuan rumah bersama. Karena hal ini, Ganjar menjadi sebuah kontroversi di masyarakat. Jelas masyarakat tidak suka dengan hal ini dikarenakan ini adalah sebuah peluang emas untuk anak muda Indonesia memperkenalkan Indonesia ke mata dunia, tetapi hal itu dipatahkan oleh Ganjar karena adanya suatu alasan/hal komitmen yang harus dijaga.

 

Isu Kontroversi Ganjar Saat Ini

        1.     Munculan Ganjar Pranowo dalam Video Adzan Maghrib : Politik Identitas?

Kemunculan capres Ganjar Pranowo dalam video adzan maghrib yang disiarkan televisi publik memicu polemik apakah kandidat dari PDI Perjuangan tersebut melakukan politik identitas. Di video itu Ganjar tengah berwudhu kemudian shalat berjamaah di sebuah masjid dengan mengenakan baju koko putih, peci hitam dan sarung. Anggota Bawaslu, Totok Hariyono berkata pihaknya sedang menelusuri apakah ada unsur etik atau norma kampanye yang dilanggar dari penayangan tersebut. Namun pengamat pemilu, Kaka Sumita berpendapat tampilan video itu sudah termasuk politisasi identitas karena Ganjar menonjolkan agama atau keyakinannya yang patut diduga hendak mempengaruhi pilihan masyarakat.

 

Mulanya video adzan itu dibuka dengan pemandangan alam Indonesia. Ganjar lalu muncul menyambut jemaah yang akan salat. Di situ Ganjar mengenakan baju koko putih, peci hitam dan sarung batik. Dia lantas menyalami dan mempersilahkan jamaah yang datang untuk masuk ke masjid. Rangkaian video berikutnya Ganjar terlihat melakukan wudhu dan setelahnya duduk di shaf depan sebagai makmum.

 

Warganet yang membagikan potongan video adzan maghrib tersebut di media sosial menyebut bakal capres dari PDI Perjuangan ini melakukan politik identitas. Karena belum ada sejarahnya pejabat publik muncul sebagai model video adzan, apalagi mendekati tahun pemilu. Tapi sebagian warganet lainnya menilai video tersebut tak lebih dari sekadar ajakan kepada orang-orang agar salat.

 

Koordinator JPPR, Nurlia Dian Paramita menduga bakal capres Ganjar Pranowo memang melakukan potensi politik identitas. Karena sebelumnya dia tidak pernah akrab dengan situasi yang lekat dengan simbol keagamaan. Dan melalui video tayangan adzan maghrib, Ganjar berupa memperlihatkan citra dirinya yang identik dengan umat Islam.

 

        2.     Ganjar Bertemu dengan teman SD nya justru malah terkesan merendahkan.

Beredar video antara Ganjar Pranowo bertemu teman SD nya, Video pendek tersebut menunjukkan Ganjar tengah diwawancarai reporter TV nasional. Saat wawancara, mendadak seorang pria paruh baya dalam busana sederhana menghampir Ganjar.

 

Lalu Ganjar memperkenalkan temannya yang berpakaian sederhana itu. "Ini teman SD saya, namanya Kamso hehehe," katanya sampil merangkul temannya itu. "Ini teman sekelas waktu itu. Dan ya jadi seperti ini...hahaha," ujar Ganjar sambil menepuk-nepuk bahu dan tangan kirinya menunjuk wajah Kasmo.

 

Warganet menyayangkan cara Ganjar memperkenalkan rekannya justru malah terkesan merendahkan. Namun, ada pula yang mengingatkan bahwa jejak digital diungkit-ungkit jelang Pilpres. "Jejak media kejam Mas Ganjar," tulis warganet. “Jadi seperti ini” itu punchline atau apa pak," kata warganet lainnya.

 

        3.     Pengakuan Menonton Film Porno

Ganjar Pranowo pernah menjadi tamu di podcast Deddy Corbuzier pada tahun 2019. Ia mengaku pernah menonton film porno dan menyebut aktivitas tersebut wajar bagi orang dewasa. Pengakuan Ganjar itu kemudian ramai dibahas oleh warganet karena dinilai tak etis disampaikan oleh pejabat.

 

        4.     Pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia

Ganjar pernah menyatakan ketegasannya soal penolakan terhadap kehadiran Israel di Piala Dunia U-20 yang harusnya diadakan di Indonesia pada 20 Mei 2023 mendatang. Ia pun secara blak-blakan mengaku tidak ingin Israel dihadirkan sebagai timnas di Piala Dunia U- 20.

 

Alhasil, sejumlah kritik pun datang kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sempat terang-terangan menolak timnas Israel bermain di Indonesia. Ganjar beralasan penolakan itu dilakukan karena dia memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina. "Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia-Afrika, Gerakan Non-Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/3/2023).

 

Ganjar mendukung sikap PDIP yang menolak kehadiran tim nasional Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Selain itu, ia meminta panitia untuk melakukan terobosan supaya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa berjalan tanpa mengorbankan komitmen pendiri bangsa. Sikap Ganjar itu mendapat protes dan serangan dari warganet melalui akun media sosialnya. Ia dituduh menjadi dalang pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

 

        5.     Perang Dingin Dengan Puan

Ganjar berkali-kali tak diikutsertakan dalam sejumlah acara PDIP. Sebut saja, seperti pada Mei 2021 dimana Ganjar tak diundang di HUT PDI-P ke-48 yang digelar di Panti Marhaen Semarang, Jawa Tengah. Acara sedianya digelar secara daring dan luring. Dalam susunan acara HUT PDI-P tertulis bahwa seluruh kepala dan wakil kepala daerah se-Jawa Tengah diundang, kecuali Ganjar.

 

Bahkan, Puan yang hadir di acara tersebut berpidato soal sosok pemimpin yang hanya gemar tampil di media sosial. Dia menyebut, sosok itu tak layak menjadi capres.

 

REFERENSI

Ayuningtyas, Kusumasari. 2022. Penambangan Andesit dan Kekhawatiran Warga Desa Wadas. https://www.dw.com/id/penambangan-andesit-dan-kekhawatiran-warga-desa-wadas/ a-60746987.

BBC News. 2023. Ganjar Pranowo muncul di video azan televisi picu polemik - Apa dan mengapa kampanye politik identitas digunakan? Tersedia di https://www.bbc.com/indonesia/articles/cd1mmn3e31yo

CNN Indonesia. 2023. Warga Wadas Jawab Ganjar: Penerima Rp11 M Eks Ketua Kelompok Penolak. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230713152816-20-973081/warga-wadas-j awab-ganjar-penerima-rp11-m-eks-ketua-kelompok-penolak.

CNN Indonesia. 2023. Warga Wadas ke Jakarta, Desak Ganjar Setop Proyek Tambang Batu Andesit. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230726151327-20-978126/warga-wadas[1]ke-jakarta-desak-ganjar-setop-proyek-tambang-batu-andesit.

Databooks. (2023, 6 September). Ganjar Pimpin Jawa Tengah 10 Tahun, Apa Kemiskinan Berkurang? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/06/ganjar-pimpin-jawa-tengah-1 0-tahun-apa-kemiskinan-berkurang

Kompas.com. 2022. Banjir Rob Semarang, Janji Ganjar, dan Peringatan Megawati. Tersedia di https://nasional.kompas.com/read/2022/05/25/15112621/banjir-rob-semarang-janji-g anjar-dan-peringatan-megawati?page=all.

Kompas.com. 2022. Kami Memerintahkan Ganjar Pranowo Menghentikan Penambangan di Desa Wadas. Tersedia di https://regional.kompas.com/read/2022/04/01/054739278/kami-memerintahkan-ganj ar-pranowo-menghentikan-penambangan-di-desa-wadas?page=all.

Kompas.com. 2023. Masyarakat Wadas Penolak Tambang Peringati Tragedi 23 April, Tuntut Ganjar Pranowo Bertanggung Jawab. Tersedia di https://regional.kompas.com/read/2023/04/25/155400978/masyarakat-wadas-penola k-tambang-peringati-tragedi-23-april-tuntut-ganjar.

Kompasiana. 2017. Konflik dan Kerusakan Lingkungan (Pembangunan Pabrik Semen di Rembang). https://www.kompasiana.com/yelinrahmatwati/58e336fac223bdff0d177295/konflik-da n-kerusakan-lingkungan-pembangunan-pabrik-semen-di-rembang.

Lintaside. (2023, 27 Mei). Daftar 10 Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah 2023 dan Besaran Upah Minum UMK. https://www.lintaside.com/nasional/4048928446/daftar-10-kabupaten-termiskin-di-ja wa-tengah-2023-dan-besaran-upah-minum-umk.

Liputan6. (2022, 16 Juli). Peneliti UGM Ungkap Deretan Faktor Penyebab Jateng Entaskan Kemiskinan. https://www.liputan6.com/news/read/5015916/peneliti-ugm-ungkap-deretan-faktor-pe nyebab-jateng-entaskan-kemiskinan?page=3

Prayitno, Edhie. 2017. Ganjar Pranowo: Pabrik Semen Rembang Bisa Beroperasi Hari Ini. https://www.liputan6.com/regional/read/2867861/ganjar-pranowo-pabrik-semen-remb ang-bisa-beroperasi-hari-ini.

Puspitoningrum, Anggun. 2023. 7 Kontroversi Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng yang Ditunjuk Jadi Capres PDIP. Tersedia di https://jateng.idntimes.com/news/jateng/anggun-puspitoningrum-1/7-kontroversi-ganj ar-pranowo-gubernur-jateng-yang-ditunjuk-jadi-capres-pdip?page=all.

Sami, Chyntia. 2023. Tengok Lagi 4 Kontroversi Ganjar Pranowo yang Kini Resmi Jadi Capres PDIP. Tersedia di https://www.suara.com/news/2023/04/21/151951/tengok-lagi-4-kontroversi-ganjar-pr anowo-yang-kini-resmi-jadi-capres-pdip.

Tim TvOne. 2023. Viral Lagi Video Ganjar Bertemu Teman SD: Teman Sekelas Waktu Itu Dan Ya Jadi Seperti Ini. Tersedia di https://www.tvonenews.com/berita/nasional/165973-viral-lagi-video-ganjar-bertemu-t eman-sd-teman-sekelas-waktu-itu-dan-ya-jadi-seperti-ini?page=all.

“Jawaban Ganjar Saat Ditanya di UI Mau Jadi Petugas Partai atau Rakyat.” 2023. Detik.com. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6938675/jawaban-ganjar-saat-ditanya-di[1]ui-mau-jadi-petugas-partai-atau-rakyat.

“Kontrak Politik Ganjar dengan PDIP Diduga Bikin Jokowi Dukung Prabowo.” 2023. Nasional. https://nasional.tempo.co/read/1739632/kontrak-politik-ganjar-dengan-pdip-di duga-bikin-jokowi-dukung-prabowo.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.