Bima Yudho Saputro, Dari Kritik Berujung Ancaman?




Muhamad Khaedar Ali, Ellena Evelyn, Firly Amar Nashwa

Kronologi Kasus

Pemilik akun tiktok @awbimaxreborn adalah seorang pemuda bernama asli Bima Yudho Saputro berusia 23 tahun. Bima merupakan pemuda asal Provinsi Lampung, keluarganya tinggal di Kabupaten Lampung Utara. Diketahui kedua orang tua Bima merupakan petani. Dia saat ini merupakan mahasiswa Diploma Pemasaran Digital, Komunikasi Digital dan Media/Multimedia di Perguruan Tinggi Intelijen Bisnis Australia. Sebelum menempuh pendidikannya di Australia, Bima sudah menuntaskan pendidikan Diploma Teknologi Informasi Ilmu Komputer dan Inovasi Digital di Universitas UCSI di Malaysia. Bima adalah salah satu mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri dengan biaya sendiri. Dia menjelaskan bahwa pendidikannya dibiayai orang tua dan hasil kerjanya bekerja paruh waktu.  

Pemilik akun tiktok @awbimaxreborn tengah menjadi perbincangan di jagat maya. Pasalnya video tentang kritiknya terhadap pemerintah Lampung yang berjudul “Alasan Kenapa Lampung Gak Maju-Maju”.

Ia dilaporkan seorang pengacara bernama Gindha Ansori Wayka ke Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika pada Senin, 10 April 2023. Video tersebut menampilkan pemilik akun @awbimaxreborn menyampaikan kritiknya kepada pemerintah Lampung dengan cara mempresentasikan dengan menggunakan laptop. Terdapat sejumlah poin kritik yang disampaikan yaitu infrastruktur yang terbatas, sistem pendidikan yang lemah, tata kelola lemah, dan ketergantungan pada sektor pertanian. 

Gindha Ansori sebagai putra daerah Lampung merasa keberatan dengan konten video berdurasi 03.32 menit tersebut. Dia menyoroti pernyataan pemilik akun @awbimaxreborn pada menit ke 00.12 yang menyebut kota Lampung dengan sebutan “Dajjal”. Kemudian, Gindha Ansori juga menjelaskan bahwa alasan dia melaporkan pemilik akun tersebut karena konten yang dibuat berpotensi menyesatkan publik. Menurutnya narasi tentang penggunaan kata “banyak proyek mangkrak di Provinsi Lampung” yang disebutkan dalam video tersebut tidak didukung dengan data yang valid. Selain itu juga, Gindha Ansori juga menggarisbawahi pernyataan yang menyebut “aliran dana dari Pemerintah Pusat berjumlah ratusan milyar dan tidak tahu Kota baru sekarang telah jadi tempat buang jin anak atau tidak” menggiring opini publik tanpa adanya data yang kuat. Gindha Ansori menyebut bahwa ketidaktahuan pemilik konten menghasilkan konten yang tidak sesuai fakta. Sehingga, asal bicara tanpa ada data konkret. Meski telah menuntut ilmu di luar negeri cukup lama, Bima diketahui bukan mahasiswa penerima Beasiswa LPDP. Pemilik 548 ribu pengikut di akun TikTok tersebut bekerja paruh waktu sebagai pelayan di IKEA untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Ancaman Untuk Bima dan Keluarga

Video kritik tentang Provinsi Lampung yang disampaikan oleh Bima Yudho Saputro dengan akun Awbimax semakin panjang. Kini, keluarga Bima yang ada di Lampung Timur didatangi polisi hingga diancam. Bahkan pihak kepolisian yang datang ke rumahnya minta ijazah SD, SMP hingga SMA milik Bima. Melalui Instagram Story-nya, ia mengungkapkan bahwa dirinya sedang berada di Australia. Bima Yudho mendapatkan kabar dari keluarga di Indonesia bahwa ibunya sepat dikunjungi oleh polisi, sedangkan sang ayah yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di panggil serta menghadap ke Bupati Lampung Timur. Lebih lanjut, Bima mengaku bahwa ayahnya disebut oleh Bupati Lampung Timur tidak bisa mendidik anak usai mengkritik Lampung. Bahkan kini sang Tiktokers diminta untuk berhenti mengkritik Lampung.Tak hanya itu saja, Bima bahkan sampai menangis karena kontennya malah berbuntut panjang sampai orang tuanya kena imbas. Bahkan jabatan sang ayah turut terancam usai dirinya viral mengkritik Lampung. Setelah insiden ini, Bima diketahui justru memperoleh visa perlindungan dari Australia. Visa yang diberikan pihak Australia, salah satunya karena alasan pemohon mengalami persekusi di negara asal.


Dukungan untuk Bima dari Masyarakat 

Dengan viralnya video Bima tentang meng-kritik lampung tersebut ternyata banyak warga lampung yang setuju dengan pendapat Bima, seperti cuitan-cuitan komentar dari akun-akun:

@dictionarei “gw dari lampung dan gw setuju, diem lo semua 🥰✨”

@arcgl “ih bener banget. jalanan bagusnya cuma sebulan dua bulan. setelah itu jadi buruk lagi jalanannya”

@haiisyiff “adalagi. ada jembatan kecil rusak nih ga diperbaiki2, tapi warganya malah bikin jalan baru dan setiap yang lewat ditarikin duit 5k. udh setahun lebih”.

Dengan viralnya video tersebut di akun tiktok banyak warga terutama warga lampung setuju dengan pendapat Bima, banyak yang meng- stich video Bima dan mengutarakan pendapatnya tentang keburukan lampung mulai dari infrastruktur yang jelek sampai dengan sistem pendidikan yang kurang bijak (terbukti dengan kasus korupsi rektor UNILA), bahkan warga Lampung kompak meng-upload video jalanan lampung yang rusak, bolong-bolong, dan jalanan yang masih tanah. Dengan viralnya kondisi Lampung yang sebenarnya, menunjukkan bahwa warga Lampung setuju dengan Bima dan muak dengan infrastuktur yang tidak kunjung membaik. 

Kebanyakan netizen yang berkomentar di video Bima turut setuju dan mendukung Bima dengan pendapatnya. Warganet beramai-ramai mengutarakan pendapatnya di kolom komentar postingan instagram Pak Gubernur Lampung yaitu @arinal_djunaidi di postingannya tanggal 14 April 2023 dapat dilihat bahwa komentarnya membludak sampai 17.000 lebih komentar yang rata-rata pro dengan Bima, bahkan sejauh ini terlihat tidak ada komentar yang pro dengen pemerintah Lampung.

Dukungan juga diberikan kepada Bima oleh beberapa pihak seperti LBH Lampung, Direktur LBH Bandar Lampung, Sumaindra Jarwadi menjelaskan, kebebasan berpendapat merupakan salah satu hak asasi manusia (HAM) yang dijamin oleh konstitusi. Negara, wajib untuk memenuhi dan melindungi hak tersebut.

"LBH Bandar Lampung menyatakan siap menjadi pendamping hukum untuk Bima," kata Sumaindra, Sabtu (15/4). "Kebebasan itu tercantum dalam Pasal 28 dan Pasal 28E ayat (3) UUD RI Tahun 1945 yang menyatakan, setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat," paparnya lagi.

Selain itu, kata Sumaindra, jaminan kebebasan berkumpul dan berpendapat juga termaktub dalam Undang-undang No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia serta Konvensi Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik (International Covenant on Civil and Political Rights).

Terdapat juga dukungan dari Kantor Staf Presiden (KSP) menegaskan, komitmen Pemerintah terhadap kebebasan berekspresi dan berpendapat. Tenaga Ahli Utama KSP, Joanes Joko menyayangkan segala bentuk intimidasi dan sikap anti-kritik terhadap individu maupun kelompok masyarakat kepada Pemerintah.

"Kritik itu adalah suatu yang sah dan dilindungi oleh Undang-undang di negara demokrasi, sejauh itu tidak menjadi fitnah dan menyebarkan ujaran kebencian. Jadi, yang namanya kritik dan masukan itu jangan dihindari. Presiden Jokowi dan KSP memiliki posisi tegas bahwa kritik perlu diapresiasi," kata Joanes dalam keterangan resmi Sabtu, 15 April 2023.

"Kepada Bima Yudho, jangan pernah lelah mencintai kampung halaman, jangan pernah lelah mencintai Indonesia. Tetaplah memberikan masukan dan kritik, selama kritik yang diberikan itu benar, jangan pernah takut. KSP, dalam koridor-koridor yang sewajarnya, akan terus mendukung," jelasnya.

Pengacara kondang ternama yaitu Hotman Paris juga turut mendukung Bima, Beliau menanggapi kasus Bima dengan video dan mengatakan “Bima, DM saya kalo memang ada masalah, jangan takut hidup hanya sekali”. Disini Hotman Paris mendukung Bima jikalau memang ada masalah Hotma Paris siap membantu.

Tak hanya itu, komika yang sering mengkritik pemerintah juga turut ikut mendukung Bima seperti Bintang Emon dan Kiky Saputri, Lewat akun Instagramnya, Bintang Emon mengunggah salah satu berita Bima yang mendapat ancaman. Bintang Emon yang dikenal suka mengkritik dengan gaya humoris, kali ini menjadi salah satu pendukung Bima.

Dalam hal itu, Bintang Emon sepakat dengan kritikan Bima kepada pemerintah. "Kerja ga becus gak mau diomelin siapa lagi kalau bukan," tulis Bintang Emon dikutip Sripoku.com dari akun Instagramn @bintangemon, Sabtu (15/4/2023).

Kiky Saputi. Memantau dari akun Twitternya, Kiky Saputri tampak mengikuti perkembangan kasus yang dialami Bima. Ia bahkan sempat meminta kontak Bima kepada pengguna Twitter lainnya. "Ada yang punya kontak Bima?" tanya Kiky Saputri dalam balasan tweet akun @tanyakanrl.

Pada intinya banyak masyarakat yang mendukung Bima karena merasa video Bima tentang alasan Lampung tidak maju-maju ini valid dan didukung juga oleh masyarakat dengan mengunggah bukti-bukti berupa video di platform tiktok tentang keadaan Lampung yang miris.


Data Jalan Rusak di Lampung

Provinsi Lampung sejak beberapa hari terakhir jadi bulan-bulanan warganet Tanah Air. Pemicunya karena kondisi jalan nya yang mengalami kerusakan sangat parah. Bahkan, di lini masa, kritik jalan berlubang juga banyak didominasi oleh warga Lampung sendiri. Kegaduhan soal kerusakan jalan ini awalnya disuarakan oleh pelajar asal Lampung bernama Bima Yudho Saputro. 

Data kerusakan jalan di Indonesia sebenarnya bisa dipantau melalui situs Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Data kondisi jalan tersebut mencakup kondisi jalan nasional yang dikelola pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, jalan provinsi yang berada di bawah kewenangan gubernur, dan jalan kabupaten yang merupakan tanggung jawab kepala daerah bupati/wali kota. Merujuk data dari situs tersebut pada tahun 2020-2021, Lampung memiliki panjang jalan total 20.310 kilometer (km). Rinciannya, jalan nasional sepanjang 1.292 km, jalan provinsi 1.693 km, dan jalan kabupaten kota 14.669 km.

Jalan nasional (1.292,21 km)

  • Baik: 33,28 persen (430,06 km)
  • Sedang: 60,61 persen (783,20 km) 
  • Rusak ringan: 4,38 persen (56,58 km) 
  • Rusak berat: 1,73 persen (22,37 km) 

Jalan provinsi (1.693,27 km) 

  • Baik: 64,45 persen (1.091,24 km) 
  • Sedang: 11,60 persen (196,40 km) 
  • Rusak ringan: 14,14 persen (239,44 km) 
  • Rusak berat: 9,81 persen (166,20 km) 

Jalan kabupaten (14.669 km) 

  • Baik: 33,80 persen (4.958,94 km) 
  • Sedang: 21,36 persen (3.133,54 km) 
  • Rusak ringan: 27,06 persen (3.969,96 km) 
  • Rusak berat: 17,77 persen (2.607.07 km)



APBD Lampung untuk Infrastruktur

Provinsi Lampung menempati peringkat pertama Persentase Realisasi Belanja APBD Provinsi se-Indonesia Tahun Anggaran 2022, sebesar 97,25% dari persentase realisasi pendapatan 100,68%. Selanjutnya posisi kedua Provinsi Kepulauan Riau dengan Persentase Realisasi Belanja 96,68%, ketiga Jawa Barat (96,44%), Keempat Kalimantan Barat 95,54% dan kelima Jawa Tengah (95,14%). 

Pemerintah provinsi lampung anggarkan dana 50,8 miliar untuk melakukan perbaikan ruas jalan tahun 2023 ( Data : Antaranews ) Sementara itu  Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung mengusulkan dana sebesar Rp867 miliar kepada Pemerintah Pusat yang akan digunakan untuk perbaikan jalan daerah yang ada di Lampung. 


Gubernur Lampung Anti-Kritik

Banjir kritik terhadap Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, usai viral kritikan dari akun TikTok bernama Awbimax Reborn milik Bima Yudho Saputro tentang Lampung dengan video berjudul 'Alasan Lampung Gak Maju-Maju'. Kritik terhadap Arinal ini ramai disampaikan publik di Instagram pribadinya. Sebelumnya, kolom komentar di IG Arinal dinonaktifkan. Publik pun sempat menyebut Arinal anti kritik. Kini kolom komentar itu pun dibuka. Warganet pun menyerbu unggahan Arinal. Dalam unggahan teranyarnya, Arinal menyampaikan dirinya tak anti kritik. Lebih lanjut kritikan warganet terhadap gubernur lampung bukan tanpa alasan, selain menutup komentar di akun instagramnya, Gubernur asal partai Golkar tersebut juga sempat menelepon keluarga dari Bima dan menyuruh anaknya untuk berhenti mengkritik provinsi Lampung. 


Usai Kasus Kritik dari Bima, Harta Gubenur Lampung Jadi Sorotan

Gubernur Lampung sedang menjadi sorotan warganet Indonesia. Kini, netizen membongkar sederet kekayaan milik Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung. Usut punya usut, netizen ramai menyoroti Gubernur Lampung ini dan dikabarkan sedang menjadi pantauan dari Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). Menilik kekayaan dari Gubernur Lampung, Arinal, ternyata memiliki harta kekayaan senilai Rp22.600.702.572. Hal tersebut diketahui dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetor Arinal pada Maret tahun 2022. Harta kekayaan itu termasuk nilainya paling besar berupa kas dan setara kas sebesar Rp14.710.660.708. Kemudian untuk enam bidang tanah dan bangunan nilainya Rp7.090.120.000. Selain itu, aset Arinal lain berupa harta bergerak, sebesar Rp494.627.000. Harta kekayaan Gubernur Lampung masuk 10 besar gubernur terkaya di Indonesia, disorot usai marahi dan maki orang tua Awbimax.


Solusi dari Kasus Bima Kritik Lampung

Solusi dari akar permasalahan “Bima Kritik Lampung” adalah seharusnya pemerintah lampung, dalam hal ini Gubernur Lampung, mendengarkan aspirasi Bima terkait kampung halamannya. Bima hanya menyampaikan apa yang menjadi keluh kesahnya terhadap kampung halamannya. Penggunaan kata “dajjal” yang disampaikan Bima juga hanya merupakan sebuah konotasi. Bima menyebutkan dalam videonya, penggunaan kata “dajjal” tersebut hanya agar video tersebut bisa viral dan sampai ke telinga pemerintah Provinsi Lampung. Tapi yang tidak disangka Bima adalah, video tersebut menjadi viral, dan kata “dajjal” yang Bima gunakan menjadi huru hara Pemprov Lampung. 

Tidak sampai disitu, pihak Kepolisian Lampung bahkan sampai mendatangi kedua orang tua Bima. Jika melihat hal yang dilakukan oleh Pemprov Lampung, itu hanya akan membuat citra Pemprov Lampung semakin buruk di mata masyarakat. Seharusnya jika ada seorang rakyat yang beraspirasi, dan aspirasi tersebut viral satu Indonesia, hal yang perlu dilakukan hanyalah mendengarkan aspirasi tersebut, dan segera mewujudkan aspirasi tersebut. Toh jika aspirasi tersebut diwujudkan, bukannya kedua belah pihak akan senang? 


Referensi


https://lampung.bps.go.id/


https://www.bbc.com/indonesia/articles/cp6wx6ejzwzo


https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/lpp/Documents/Laporan%20Perekonomian%20Provinsi%20Lampung%20Mei%202022.pdf


https://m.lampost.co/berita-pemprov-targetkan-jalan-provinsi-mantap-pada-2023-di-angka-77-persen.html


https://kumparan.com/kumparannews/banjir-kritik-untuk-gubenur-lampung-karena-kasus-bima-ini-profilnya-20DNfjZK0bG


https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/lampung/id/data-publikasi/berita-terbaru/2885-perkemban

gan-data-fiskal-ekonomi-regional-lampung-realisasi-s-d-31-oktober-2023.html 


https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230415181624-12-938232/lbh-bandar-lampung-siap-dampingi-tiktoker-bima-hadapi-tuntutan-hukum


https://bandung.viva.co.id/news/19318-ksp-dukung-bima-yudho-beri-pesan-menohok-untuk-pemda-lampung


https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230415105944-12-938122/hotman-paris-siap-bantu-bima-tiktoker-yang-kritik-pemerintah-lampung


https://palembang.tribunnews.com/2023/04/15/tiktokers-bima-banjir-dukungan-artis-stand-for-bima-ramai-di-sosmed-pasca-kritik-lampung-viral?page=all


https://www.kompas.tv/article/398594/ini-alasan-polisi-datangi-rumah-orang-tua-tiktoker-bima-yudho-yang-viral-kritik-pemprov-lampung 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.